"Master's Sun", Kisah Romantis Komedi Berbalut Horor Fantasi [Review Drama]

DRAMA Korea di tahun 2013 ini hadir dengan berbagai genre yang tidak biasa. Salah satunya adalah drama Korea yang tayang di stasiun TV SBS Korea bertajuk Master's Sun (MS). Drama ini dibintangi oleh aktris kawakan Gong Hyo Jin yang sudah tidak diragukan lagi kemampuan aktingnya. Sebelumnya, Gong Hyo Jin telah banyak membintangi drama Korea lain yang kebanyakan juga sudah tayang di Indonesia seperti Sang Doo, Let's Go To School (ANTV), Thank You (B Channel, Indosiar), The Greatest Love (Indosiar), Pasta (Indosiar, B Channel), dan The Greatest Love (Indosiar). Sementara itu, So Ji Sub selaku karakter pemeran utama pria di drama ini sudah dikenal melalui peran-peran melankolisnya lewat Memories in Bali dan Sorry I Love You.

Master's Sun tayang perdana di Korea pada 7 Agustus 2013 yang lalu dan baru saja berakhir penayangannya di Korea (3/10). Memulai debutnya dengan rating 13,6 persen, Master's Sun terus naik ratingnya di episode-episode selanjutnya. Puncaknya, di episode terakhirnya, Master's Sun berhasil meraih rating sebesar 21,8 persen.

Skenario yang apik dan genre horror bercampur fantasi yang menarik, membuat penonton selalu betah menyaksikan serial sepanjang 17 episode ini. Hong Sisters selaku sang kreator cerita memang telah banyak menghasilkan drama-drama hits seperti Sassy Girl Chunhyang, My Girl, Hong Gil Dong, You are Beautiful, My Girlfriend is Gumiho, Big dan The Greatest Love.

Berikut ini review Master's Sun :

Cerita dibuka dengan menampilkan sosok wanita misterius yang sedang ketakutan. Cuaca sedang buruk dengan gemuruh kilat dan petir saling bersahutan di luar. Wanita bernama Tae Gong Shil (Gong Hyo Jin) diminta sang pemilik apartemen kontrakan untuk membersihkan ruangan 404. Sang penghuni kamar tersebut kembali pindah karena sebuah alasan.

Mau tidak mau, Gong Shil terpaksa menuju kamar tersebut. Baru beberapa saat di dalam kamar tersebut, Gong Shil sudah dikejutkan dengan sosok hantu berwujud menyeramkan yang ternyata seorang nenek-nenek. Gong Shil yang ketakutan lantas langsung berlari menghindari hantu nenek tersebut. Di koridor apartemen yang bercahayakan lampu samar-samar, Gong Shil terus berlari menuju ke kamarnya kembali. Ia memegang rapat-rapat gagang pintu rumahnya sambil berharap sang nenek tidka mengejarnya lagi. Namun sia-sia saja, sang hantu nenek sudah berada di sampingnya. 

Si hantu nenek meminta bantuan Gong Shil untuk menyampaikan pesan terakhirnya untuk anaknya yang seorang penjudi. Di cuaca yang sedang hujan lebat itu, Gong Shil lantas mendatangi rumah anak nenek tersebut. Di rumah itu memang sedang dalam nuansa duka cita karena kematian nenek tersebut. Begitu sampai, Gong Shil langsung memaki anak nenek tersebut (yang merupakan pesan nenek itu). Gong Shil lantas memberikan tabungan sang nenek yang nilainya cukup besar. Keluarganya cukup terkejut mendapati tabungan itu, namun lantas terjadi perebutan harta warisan sang nenek. Gong Shil lantas langsung berlalu, tidak mau ikut campur urusan keluarga nenek tersebut.

Di tempat lain, seorang pria mendatangi sebuah rumah untuk meinta tanda tangan persetujuan penjualan rumah. Pria bernama Joo Joong Won (So Ji Sub) ini bersikeras mendapatkan hak atas rumah milik seorang pria paruh baya. Namun pria ini tetap tidak mau menjual rumahnya karena almarhum istrinya yang tidak setuju jika rumah mereka dijual. Pria paruh baya ini percaya jika mawar putih kesayangan sang istri yang tetap segar setelah kematian sang istri merupakan penanda jika istrinya tidak mau menjual rumah mereka.

Joong Won kesal mendengar alasan yang menyeret orang yang sudah mati dan ia malah memotong tangkai mawar putih itu dari kembangnya. Sang pria gusar melihat kelakuan Joong Won namun tidak bisa berbuat apa-apa. Dengan terpaksa akhirnya ia menandatangani surat penjualan rumahnya. Namun saat Joong Won hendak pergi, sang pria paruh baya mengatakan jika Joong Won tidak boleh meremehkan sesuatu yang tidak bisa ia lihat dan mengabaikan hati orang tersebut. Joong Won membalas jika ia tetap akan melanjutkan hidupnya dengan baik dan mengabaikan semua yang tidak bisa ia lihat dan siap disambar petir jika ia salah. Ia pun menadahkan tangannya ke atas dan siap disambar petir jika ia salah. Namun petir memang tidak menyambarnya sehingga membuat keangkuhannya bertambah besar.

Di tengah cuaca yang sedang hujan lebat, mobil Joong Won melaju dengan kencang. Di tepian jalan, sekretaris Kim mengatakan jika ada seorang wanita yang melambaikan tangannya untuk memberhentikan mobil mereka. Namun Joong Won mengatakan pada sekretaris Kim yang sedang menyetir untuk tetap melanjutkan perjalanannya.

Seberkas cahaya yang menyilaukan mata membuat sekretaris Kim tiba-tiba menghentikan laju mobilnya. Saat itu juga, wanita yang tak lain adalah Gong Shil itu menerobos masuk ke dalam mobil. Joong Won yang kaget pun langsung menjaga jarak dengannya.

Sejak pertemuan perdana ini, Joong Won sudah merasakan jika Gong Shil hanyalah wanita gila yang terus menempel padanya. Saat Gong Shil diganggu salah satu hantu, Gong Shil secara spontan memegang lengan Joong Won dan tiba-tiba hantu yang mengganggunya itu langsung menghilang. Sejak saat itu, Gong Shil menemukan kenyamanan dan kehangatan saat bersama Joong Won.

Gong Shil yang akhirnya mengetahui jika Joong Won adalah direktur di sebuah pusta perbelanjaan besar di Korea, Gong Shil pun melamar menjadi cleaning service di mall tersebut. Dari sinilah lantas keduanya intens bertemu. Apalagi Gong Shil banyak membantu Joong Won dalam mengusir hantu-hantu yang muncul di mallnya.

Kasus pertama misalnya seperti pernikahan Tae Yi Ryung yang batal karena Gong Shil yang mengungkapkan keinginan mantan kekasih Yoo Hye Sung (Jin Yi Han) yang tak lain adalah calon suami Yi Ryung. Mantan kekasih Hye Sung yang sudah meninggal menginginkan Hye Sung melanjutkan karir sepakbolanya, bukan hidup menjadi artis. Berkat bantuan Gong Shil, salah paham yang terjadi antara Hye Sung dan Kim Mi Kyung (Song Min Jung) menjadi terselesaikan. Mi Kyung meninggalkan Hye Sung bukan karena tidak menginginkan Hye Sung lagi, melainkan dirinya yang sedang sekarat. Insiden ini juga menyebabkan Hye Sung dan Yi Ryung batal menikah.

Selanjutnya, Gong Shil membantu Joong Won dalam mencari siapa penyebar foto rekayasa hantu di kolam air mancur mallnya Joong Won yang mahal. Pun dengan kasus kematian seorang wanita yang merupakan istri rekanan kerja Joong Wook di mall tersebut. Kejadian-kejadian tersebut akhirnya membuat Joong Won sadar dengan bakat istimewa Gong Shil. Terlebih lagi, Joong Won memanfaatkan Gong Shil untuk menemukan kalung mahal yang telah dicuri sang mantan kekasih, Cha Hee Joo (Han Bo Reum). Kejadian penculikan yang Joong Won sadari jika Hee Joo ikut terlibat membuat Joong Won galau dengan perasaannya. Di satu sisi, Joong Won sedih dengan kepergian Hee Joo yang tewas terbakar di dalam mobil di depan matanya sendiri. Namun di sisi lain, ia menyalahkan Hee Joo yang berniat memerasnya. Untuk itulah, Joong Won memanggil Gong Shil dengan sebutan radar 10 Milyar won nya.

Di sisi lain, seorang tetangga baru di apartemen kontrakan Gong Shil muncul pemuda baru yang menghuni kamar 404. Pertemuan Gong Shil dan pemuda bernama Kang Woo (Seo In Guk) berlangsung dengan kejadian lucu. Gong Shil yang sedang tertidur di kursi dekat jemuran terkejut begitu melihat bayang-bayang hitam di balik kain yang dijemur. Gong Shil langsung mendorong sosok di balik kain itu hingga membuat Kang Woo terjatuh. Gong Shil pun lantas menanyakan apakah Kang Woo manusia atau hantu. Kang Woo pun bingung dengan pertanyaan Gong Shil. Namun keduanya segera akrab dengan membicarakan banyak hal.

Bersama dengan Gong Shil menumbuhkan perasaan suka di hati Kang Woo. Walaupun awalnya hanya bercanda dengan anak-anak yang tinggal di apartemen Gong Shil dengan mengatakan jika Kang Woo menyukai Gong Shil, perasaan itu benar-benar berubah menjadi rasa suka. Anak-anak yang dekat dengan Gong Shil itu lantas menyampaikan pada Gong Shil jika pemuda bernama Kang Woo menyukainya. Gong Shil pun menjadi besar kepala dan sering bertingkah malu-malu di depan Kang Woo.

Lucunya lagi, saat Kang Woo ternyata takut dengan hantu-hantu maupun cerita hantu yang didengarnya. Mengetahui hal ini, kakak Gong Shil yang bernama Tae Gong Ri (Park Hee Bon) menyarankan Gong Shil untuk tidak menunjukkan kemampuan adiknya yang bisa melihat hantu tersebut di depan Kang Woo. Gong Shil pun melakukan hal itu walaupun sulit. Akhirnya walaupun Gong Shil berusaha menutupinya, Kang Woo pun mengetahui hal itu.

Namun Kang Woo tidak lantas menjauh dan mengatakan jika dirinya akan mulai belajar untuk tidak takut dengan hantu walaupun kenyataannya ia memang sangat takut dengan hantu. Saat sebuah barang jatuh di kantor Gong Shil, Kang Woo langsung terperanjat dengan ekspresi ketakutan, dengan malu-malu ia pun meninggalkan ruangan Gong Shil bekerja.

Sementara itu, tidak jadi menikah dengan Hye Sung membuat Yi Ryung justru malah jatuh hati dengan Kang Woo yang merupakan ketua tim keamanan di mall Joong Won. Walaupun Yi Ryung seorang selebritis, ia sering kali mengajak kencan Kang Woo walau harus berakhir dengan penolakan Kang Woo. Pertemuan perdana Yi Ryung dan Kang Woo ternyata begitu berkesan untuk Yi Ryung. Saat itu, Yi Ryung naik ke atas mobilnya sendiri untuk mengambil dompetnya yang tertinggal di dalam mobil sementara kuncinya berada di dalam mobil. Karena mengira Yi Ryung adalah kriminil, Kang Woo lantas langsung melumpuhkan gerakan Yi Ryung. Pertemuan berikutnya juga berlangsung sama. Saat Yi Ryung memegang pundak Kang Woo secara tiba-tiba, dengan spontan Kang Woo melumpuhkan gerakan Yi Ryung. Sikap dingin dan tidak ditanggapi oleh Kang Woo membuat Yi Ryung makin penasaran dan acap kali terang-terangan mengajak Kang Woo untuk makan bersamanya.

Keadaan semakin rumit saat seseorang dari masa lalu Gong Shil kembali dan mengatakan jika dirinya telah bersama dengan Gong Shil saat Gong Shil masih koma di rumah sakit. Gong Shil pernah kecelakaan dan akhirnya terbaring koma di rumah sakit selama 3 tahun. Dalam perjalanannya menjadi roh itu, Gong Shil selalu mengikuti pria tersebut.

Belum lagi dengan kenyataan jika ada seseorang dengan wajah yang mirip Hee Joo mengikuti Joong Won kemanapun ia tinggal. Ayah Joong Won pun menyelidiki hal tersebut dan diam-diam meminta Kang Woo untuk mengawasi Joong Woon. Wanita yang diam-diam mengikuti Joong Won ini mempunyai keterkaitan dengan kematian Hee Joo terdahulu. Sebuah fakta mengejutkan terjadi, karena wanita ini adalah saudara kembar Hee Joo. Wanita ini bernama Cha Han Na (Hwang Sun Hee). Ia mengoperasi wajahnya untuk menyamarkan identitasnya saat berada di dekat Joong Woon. Belum lagi fakta ini terkuak di dalamnya malah tersimpan sebuah rahasia kelam yang mungkin penonton tidak akan sangka.

Siapa yang akan dipilih oleh Gong Shil? Ikut dengan pria yang telah menemaninya menjadi roh atau memilih bersama Joong Won atau Kang Woo? Lantas ada pula cerita mengenai Madam Go (Lee Yong Nyuh) yang merupakan seorang paranormal yang nyaris menikahkan Gong Shil dengan arwah yang sudah meninggal, ia juga membuat perjanjian dengan Gong Shil untuk membantunya mencari roh-roh gadis muda yang belum menikah untuk dinikahkan dengan roh lain. Karena Madam Go merupakan mak comblang untuk arwah-arwah. Gong Shil menyetujuinya untuk menyelamatkan nyawa Joong Won yang tersesat di dunia roh karena menyangka jika dirinya sudah meninggal.

Semakin seru saat setelah kejadian itu, Joong Won kembali dengan ingatannya yang sudah menghapus ingatan tentang Gong Shil dan semua yang sudah terjadi selama beberapa saat. Joong Won hanya dapat mengingat kejadian dirinya saat ia bersedia di sambar petir jika ia salah di awal episode.

Rated : 8/10.
Share this post :

Đăng nhận xét

 
Support : Mas Template
Copyright © 2011. Free Download Movies - All Rights Reserved
Share by BIT Templates Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger