"Jang Ok Jung", Kisah Jang Ok Jung dan Dong Yi Dari Sudut Pandang Berbeda


JIKA kebanyakan Drama Korea menceritakan kisah protagonis (karakter baik) wanita sebagai tokoh utamanya, maka itu sudah barang tentu biasa. Tapi bagaimana jika karakter utama wanita dalam serial itulah yang berperan sebagai antagonis (karakter jahat)?

Kejadian seperti ini terbilang jarang dan langka dalam sebuah drama. Setahu penulis, Lee Da Hae pernah memerankan sebagai Jang Mi Ri di Miss Ripley beberapa tahun silam. Dalam drama ini, Jang Mi Ri diceritakan sebagai wanita jahat yang bahkan menganiaya tokoh protagonis lainnya. Namun inilah uniknya drama Korea. Segala macam karakter dapat dibuatkan sebagai sang tokoh utama.

Untuk Anda pecinta serial Dong Yi, pastilah tidak asing dengan karakter antagonis bernama Jang Ok Jung yang disebut juga Selir Jang Hui Bin. Karakter inilah yang membuat susah hidup Dong Yi. Kita sebagai penonton, tentunya berharap jika karakter ini segera kalah dan ketahuan kejahatannya oleh Raja Suk Jong.
Nah, inilah yang berbeda dengan serial Jang Ok Jung. Mengambil setting Dinasti Joseon yang merupakan era yang sama dengan serial Dong Yi, drama ini menyajikan ceritanya dari sudut pandang Jang Ok Jung. Kita diajak menyelami kehidupan Jang Ok Jung sedari kecil hingga meraih posisi puncaknya.

Dalam serial Dong Yi kita bisa saja membenci karakter Ok Jung, namun dalam serial ini kita malah akan bersimpati padanya. Kejadian demi kejadian yang menyesakkan dada dialaminya. Sedari kecil, hidup Ok Jung penuh penderitaan sampai dengan ia meraih posisi sebagai seorang permaisuri. Uniknya lagi, penulis sama sekali tidak bersimpati dengan tokoh Dong Yi dalam serial ini.

Ibu Jang Ok Jung adalah seorang budak tapi ayahnya berasal dari keluarga kelas menengah ke atas.  Perbedaan ini membuat ayahnya kabur dengan ibunya dan lantas melahirkan Jang Ok Jung dan kakaknya.

Suatu saat, keluarga ini melarikan diri dari kejaran pengawal pemerintah karena ibunya Ok Jung berstatus sebagai budak. Merasa terdesak, ayah Ok Jung meminta bantuan pada kakaknya yang merupakan pengusaha kaya di daerahnya. Namun perlakuan tidak mengenakkan ayah Ok Jung terima. Paman Ok Jung yang bernama Jang Hyun (Sung Dong Il) mengabaikan mereka dengan mengatakan jika ia tidak ingin ikut campur dalam masalah keluarga Ok Jung.

Tidak pantang menyerah, ayah Ok Jung mendatangi tempat kawan lamanya. Namun ternyata kawan lamanya itu sudah meninggal dan sang istri dari kawan lamanya itu untungnya bersedia menerima keluarga Ok Jung dengan menyembunyikan mereka. Malangnya, pengawal kerajaan menemukan mereka di rumah itu dan lantas ayah Ok Jung terbunuh dalam insiden itu. Serta ibunya dibawa kembali sebagai budak, sementara itu, kakaknya hilang entah ke mana.

Jang Ok Jung (Kang Min Ah) kecil pun tinggal bersama dengan Nyonya Kang (Yoon  Yoo Sun) yang merupakan pengusaha pakaian. Nyonya Kang juga yang menemukan bakat Ok Jung kecil yang bisa membuat pakaian mati untuk Ayahnya padahal ia belum pernah melakukan hal ini sebelumnya. Jadilah Nyonya Kang yang mengasuhnya dan menampung Ok Jung di rumahnya.

Di tempat Nyonya Kang, Ok Jung belajar cara mewarnai pakaian, menjahit pakaian dan berbagai keahlian lainnya. Anak angkat Nyonya Kang,  Hyun Chi Soo (Baek Sung Hwan) remaja pun diam-diam menaruh hati pada Ok Jung. Namun gadis lain yang juga ikut ditampung oleh Nyonya Kang tidak senang melihat Ok Jung diperlakukan istimewa oleh Nyonya Kang dan juga Chi Soo, karena Ja Kyung (Kim Min Ha) remaja cemburu dengan kedekatan Ok Jung dan Chi Soo. Suatu hari, Ja Kyun diam-diam membohongi Ok Jung jika Nyonya Kang menunggunya di dalam gudang untuk membicarakan sesuatu. Tentu saja itu hanya jebakan Ja Kyung. Ia ingin memberikan pelajaran pada Ok Jung.

Tidak disangka, orang suruhan Paman Ok Jung membakar gudang itu untuk melenyapkan usaha Nyonya Kang. Paman Ok Jung, Jang Hyun (Sung Dong Il), berniat mengambil kembali Ok Jung untuk melancarkan rencana dan ambisinya. Akibat kejadian ini, Nyonya Kang meninggal karena berusaha menyelamatkan Ok Jung. Sementara itu Ja Kyung entah hilang kemana begitu juga nasih Chi Soo.

Belasan tahun kemudian berlalu. Kini Jang Ok Jung (Kim Tae Hee) bersiap untuk melakukan pementasan pakaiannya di depan para calon pembelinya. Ok Jung terlihat begitu terampil dalam setiap detail yang akan digunakan oleh para model yang disewanya. Awalnya semua berjalan lancar seperti rencananya. Namun begitu majikan ibunya datang, ia menghancurkan segalanya dengan mengatakan jika Ibu Ok Jung hanyalah budak yang bekerja padanya. Ia pun mengacaukan pementasan itu. Tak disangka itu semua ternyata atas permintaan paman Ok Jung sendiri yang ingin Ok Jung berada di sisinya untuk membantu melancarkan rencana busuknya.

Kisah Cinta Jang Ok Jung

Jang Ok Jung pertama kali bertemu dengan Lee Soon (Chae Sang Wo) remaja disebuah perpusatakaan. Kala itu, mereka memperebutkan sebuah buku yang sama. Buku tersebut merupakan bacaan orang dewasa. Ok Jung hanya ingin melihat pakaian yang dikenakan oleh gadis-gadis yang ada di buku itu untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran. Namun Lee Soon tidak mempercayainya dan malah menyangka Ok Jung sebagai gadis mesum.

Namun berbagai kejadian mendekatkan mereka sampai suatu kali Lee Soon berjanji akan menjadikan Ok Jung sebagai wanitanya. Mereka pun berjanji untuk bertemu di sebuah pohon. Sayangnya, Lee Son tidak menepati janjinya.

Beranjak dewasa, Lee Son (Yoo Ah In) diminta Ibunya, Ratu Myungsung (Kim Sun Kyung) untuk menikahi gadis pilihannya yang berasal dari Partai Barat. Ratu Myungsung menginginkan partai barat yang selama ini mendukungnya terus berkuasa di pemerintahan. Lee Soon yang keras kepala tidak menyetujui permintaan ibunya. Ia malah memilih In Kyung (Kim Ha Eun) sebagai permaisurinya.

Saat ayah Lee Son meninggal karena sebuah penyakit, Lee Soon melanjutkan tahta ayahnya sebagai kaisar selanjutnya. In Kyung pun secara otomatis bergelar Ratu In Kyung. Ratu In Kyung tulus mencintai Lee Soon, namun Lee Soon tidak pernah menaruh hatinya pada sang ratu dan malah jatuh cinta dengan Jang Ok Jung yang berasal dari kelas rendah. Ratu In Kyung meninggal karena penyakit cacar yang dideritanya dengan Lee Soon di sampingnya. Lee Soon pun merasa menyesal karena tidak pernah memperlakukan Ratu In Kyung dengan baik.

Kepergian Ratu In Kyung membuat Lee Soon harus menerima Kim In Hyun (Hong Soo Hyun)  sebagai permasurinya yang baru. Namun tak lama berselang, Lee Soon menetapkan status Ok Jung sebagai dayang istana spesial berkat bantuan Partai Selatan.
Ibu Lee Soon, Ibu Suri Myungsung tentu tidak senang dengan hal ini. Ia berusaha mencari berbagai cara untuk menyingkirkan Ok Jung dari istana. Dengan bantuan, Kim Man Ki (Lee Dong Shin), Ibu Suri Myungsung malah mencelakakan Ok Jung. Mengetahui hal ini, Lee Soon marah besar. Ia malah menaikkan status Ok Jung sebagai Selir Istana dengan tingkat keempat bergelar Selir Suk Won. Keadaan semakin ketar-ketir dan membuat berbagai intrik terjadi.

Titik Balik Pembalasan Dendam Jang Ok Jung

Jang Ok Jung yang selama ini mendapat banyak penyiksaan dari Ibu Suri berjanji pada dirinya sendiri akan membalas semua perlakuan orang-orang yang pernah menyaktinya. Ok Jung pun berambisi akan menjadi wanita satu-satunya untuk Lee Soon. Terlebih lagi, Ok Jung mendapat dukungan penuh dari Lee Soon.

Di titik inilah, Jang Ok Jung mulai melancarkan serangannya dengan memanas-manasi Permaisuri Inhyun saat bersama dengan Lee Soon. Ibu Suri Myungsung yang masih tidak menerima kehadiran Ok Jung berusaha meminumkan obat pencegah kehamilan pada Ok Jung. Ok Jung mengancam akan bunuh diri di depan Ibu Suri saat hendak melakukan percobaan mengerikan itu.

Ibu Suri Myungsung tidak ingin jika Ok Jung melahirkan putra Lee Soon terlebih dahulu sebelum Permaisuri Inhyun melahirkan. Nyatanya, Permaisuri Inhyun dinyatakan mandul oleh tabib istana. Satu-satunya kesempatan untuk Permaisuri Inhyun hanya datang sekali seumur hidup saat suatu malam tepat jam sepuluh. Hal ini dikemukakan oleh cenayang istana yang bekerja untuk Ibu Suri Myungsung.

Ibu Suri Myungsung merencanakan malam kehangatan antara Permaisuri Inhyun dengan Lee Soon. Sayangnya rencana ini gagal karena Ok Jung merayu Lee Soon saat Lee Soo hendak pergi ke tempat permaisuri.

Ibu Suri tidak kehabisan akal. Ia berniat menerima Ok Jung sebagai menantunya dengan syarat jika Ok Jung melahirkan anak, maka anaknya harus diserahkan pada Permaisuri Inhyun. Ok Jung terpaksa menyetujuinya karena Ibu Suri mengancam akan menyayat nadinya dengan pisau perak jika Ok Jung tidak bersumpah saat itu juga.

Ok Jung marah besar saat kembali ke tempatnya. Ia berencana membalas semua ini. Ia pun merencanakan suatu rencana menakutkan. Permaisuri Inhyun dijebak ke dalam permainannya sehingga seolah-olah Permaisuri Inhyun lah yang ingin meracuni Ok Jung. Ibu Suri melindungi Permaisuri Inhyun dengan mengatakan jika itu smeua perbuatannya. Tak lama kemudian, Ibu Suri menghembuskan nafas terakhirnya.

Kemunculan Dong Yi


Dong Yi sudah muncul di awal episode dengan perannya sebagai pelayan dari Inhyun. Saat itu ia mencuri perhiasan yang ada di tempatnya Ok Jung. Ok Jung memergokinya melakukan perbuatan tidak terpuji tersebut. Untungnya Ok Jung akhirnya memberikan gratis perhiasan tersebut. Dong Yi pun mengatakan suatu saat nanti ia ingin menjadi seperti Ok Jung.

Nantinya Dong Yi juga tidak akan banyak porsinya karena serial ini tentu saja memfokuskan ceritanya pada kisah Jang Ok Jung. Hanya saja yang penulis tidak suka. Di serial ini, Dong Yi hanya hadir sebagai wanita penggoda saja yang diutus oleh Partai Barat untuk mengembalikan status Inhyun yang telah digulingkan dari posisinya sebagai seorang permaisuri. Kemudian Dong Yi yang di serial ini bergelar Choi Suk Bin malah melakukan fitnah keji pada Jang Ok Jung yang berakibat fatal untuk Ok Jung. Ini tentu berbeda dengan pribadi Dong Yi di serial yang dibintangi Han Hyo Joo.

***

Tidak sedikit netizen yang tercengang dengan perubahan ceritanya yang dianggap melenceng dari sejarah. Dari episode awal hingga pertengahan, penonton digiring untuk menyelami kehidupan Ok Jung, kenapa ia bisa jadi seorang yang ambisius. Namun kemudian cerita berbelok pada cerita yang membuat Ok Jung kembali dengan akal sehatnya.

Untuk Anda pecinta serial Dong Yi juga pasti merasakan hal yang sama dengan penulis rasakan. Karakter Dong Yi seperti yang di drama sebelumnya benar-benar dihancurkan total dalam serial ini. Tidak ada lagi sosok Dong Yi yang baik hati dan suka menolong, yang ada hanya keserakahan untuk  menduduki posisi sebagai wanita utama kaisar.

Well, sebenarnya tidak bisa menyalahkan juga penulis skenarionya. Karena sejatinya, serial Dong Yi yang dibintangi oleh Han Hyo Joo pun banyak mengalami penambahan fiktif dalam ceritanya. Kita tidak tahu benar, seperti apa sejarah Dong Yi yang sesungguhnya. Mungkin saja penulisnya ingin menampilkan sisi Dong Yi dari perspektif yang berbeda, pun begitu dengan karakter Jang Ok Jung nya.

Satu tokoh yang menarik perhatian penulis di sini adalah karakter Pangeran Dongpyung (Lee Sang Yeob). Pangeran Dongpyung mengenal Ok Jung sebelum Ok Jung masuk ke istana. Pangeran dongpyung juga menaruh hati pada Ok Jung sampai pada akhirnya mengetahui jika keponakannya, Lee Soon, juga maenaruh hati yang sama pada Ok Jung. Dari awal hingga akhir, Pangeran Dongpyung konsisten di sisi Lee Soon (Raja Suk Jong) dan setia pada Ok Jung sampai akhir hayatnya.

Selain Pangeran Dongpyung, ada juga karakter Hyun Chi Soo (Jae Hee) yang merupakan pria yang juga mencintai Ok Jung. Chi Soo mengenal Ok Jung ketika kecil. Ok Jung tinggal bersama dengan Ibu angkat Chi Soo semasa kecil. Namun setelah insiden kebakaran keduanya tidak pernah berjumpa lagi. Chi Soo kemudian muncul sebagai pedagang kaya di kemudian hari untuk membalas dendam pada Jang Hyun yang merupakan paman Ok Jung karena telah membunuh ibunya. Selain itu, Chi Soo juga berniat menempatkan Ok Jung ke sisinya lagi.

Sejatinya, penilaian tentang alur cerita serial ini dikembalikan lagi pada penontonnya masing-masing yang mempunyai cara pandang dan selera yang berbeda. Hanya saja untuk penulis sendiri sangat disayangkan untuk kelanjutan cerita mulai dari pertengahan ceritanya. Pondasi cerita yang sudah dibangun dengan kokoh di awal seperti mulai runtuh pada akhirnya semakin ke belakang cerita. Tapi masih layak tonton kok. Selamat berburu dvd nya atau sekedar download dan streaming.
Share this post :

Đăng nhận xét

 
Support : Mas Template
Copyright © 2011. Free Download Movies - All Rights Reserved
Share by BIT Templates Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger