Konser Perdana AFI 2013, Trie Utami Gunakan Hak Vetonya (Plus Review Kontestan)

KONSER eliminasi perdana AFI (Akademi Fantasi Indosiar) 2013 telah berlangsung pada Jum'at malam pukul 20.30 WIB di Indosiar. Hasil konser eliminasi perdana ini masih terlihat mengecewakan dengan tidak maksimalnya penampilan dari para akademia.

Formasi juri untuk konser perdana ini adalah Trie Utami, Maia Estianti dan Piyu Padi. Awal acara berlangsung, Piyu sedikit terlambat masuk ke acara. Sepanjang acara berlangsung, banyak terjadi drama yang makan durasi. Penampilan nyanyi peserta hanya sekitar 3 menit saja, namun bumbu dramanya bahkan berkisar 10 hingga 15 menit untuk satu orang peserta saja. Hal ini banyak menimbulkan kontra di kalangan pengguna Twitter yang menganggap AFI 2013 tak ubahnya reality show berbumbu over, bukan talent show sesungguhnya.

Icha membuka konser perdana eliminasi ini dengan membawakan lagu Hey Ladies milik Rossa. Icha tampil tidak maksimal dan cenderung keteteran. Bahkan Trie Utami mengatakan jika lagu itu harusnya mengajak para ladies untuk megikuti lirik lagunya. Namun hal ini tidak dilakukan oleh Icha. Dua juri lain pun kurang lebih sependapat dengan Mbak ii (sapaan akrab Tri Utami). Icha memang mesti memperbaiki lagi penampilannya dengan banyak berlatih.

Tampil sebagai yang kedua, Iwan juga tampil kurang maksimal. Membawakan lagu Cinta Putih nya Kerispatih, beberapa kali Iwan melakukan kesalahan dengan masuk terlalu cepat atau beberapa nadanya masih pitchy. Walaupun demikian, ketiga juri nampaknya masih menyukai penampilan Iwan, terutama perubahan penampilannya.

Pria berambut gimbal, Josh, tampil sebagai penampil ketiga. Saat tampil, juri mengkritik Josh supaya keluar dari zona nyamannya untuk makin mengasah kemampuannya. Bahkan Piyu meminta Josh supaya tampil lagi dengan gitarnya untuk memaksimalkan penampilannya.

Tampil membawakan lagu Lumpuhkan Ingatanku nya Geisha, Intan tampil cukup baik. Namun Intan penampilan Intan kali ini masih terasa unsur Momo Geisha nya. Terlepas dari itu, Intan tampil lebih baik dari tiga pendahulunya terlepas dari drama tangis-tangisannya di atas panggung.

Rey yang tampil selanjutnya, tampil buruk saat menyanyikan Rasa yang Tertinggal milik ST12. Rey tampil dengan suara yang flat dan datar. "Jangan mengeluarkan efek distorsi, karena efek tersebut tidak membuat suara menjadi lebih maskulin", kritik Mbak ii mendengar ada perbedaan suara yang ditampilkan Rey. Di salah satu sesi, ayah Rey tampil dengan membawa bantal dan boneka teddy kesayangan Rey. Rey mempunyai basis pendukung yang kuat dengan tampilan wajah oriental yang biasanya disukai fans wanita. Namun Rey harus banyak berlatih lagi untuk membuktikan kemampuannya.

Sabil tampil dengan new look yang fresh setelah brewoknya berkurang. Menyanyikan lagu milik Slank bertajuk I Miss You But I Hate You, Sabil tampil teatrikal dengan banyak aksinya. Akibatnya, beberapa bagian lirik malah hampir tidak kedengaran. Walau aksi ala broadway Sabil menghibur, Sabil perlu memperhatikan kualitas suaranya.

Membawakan lagu salah satu juri, Maia Estianti, Eva tampil kurang meyakinkan. Lagu Dear Diary dibawakan dengan kurangnya pembawaan pada lagu tersebut. Eva tampil tidak buruk sebenarnya, hanya saja pada saat perpindahan ke nada tinggi, Eva kurang mulus mensiasatinya. Emosi Eva juga lebih perlu dikontrol, agar tidak berlebihan untuk pembawaannya.

Yuda menyanyikan lagu berbahasa Inggris bertajuk Angels Brought Me Here, namun suara Yuda kurang satbil saat di nada-nada kritis.Yuda yang tampil bagus di minggu lalu, kurang bisa menjaga konsistensinya. Padahal Yuda berpotensi bisa menaklukan lagu ini.

Penampilan Wawan dan Yockie juga mengecewakan juri. Selanjutnya, Stefani yang menjadi favorit penulis juga tampil kurang maksimal saat membawakan The Man Who Can't be Moved nya The Script. Di awal-awal, kesalahan lirik dan juga pelafalannya yang kurang fasih membuat Stefani juga jadi canggung. Namun nampaknya juri masih memandang suara unik Stefani yang dianggap komersial untuk industri, sehingga komentar yang diberikan kurang pedas.

Adit tampil dengan membawakan mood yang cukup bagus dengan lagu kosongnya. Namun beberapa falsetnya masih kurang tepat. Secara keseluruhan Adit tampil cukup bagus untuk membangun mood untuk dua penampil selanjutnya.

Sesi favorit penulis adalah di bagian terakhir. baik Nova dan Kevin sama-sama memberikan penampilan yang bagus. Nova tampil mulus saat membawakan lagu Sumpah I Love You begitupun dengan Kevin yang meliuk-liuk di nada tinggi di lagu Tercipta Untukku milik Ungu.

Tiba saat eliminasi, tiga akademia yang mendapat sms terendah adalah Yokie, Icha dan Yuda. Maia memilih mengeliminasi Yockie, sementara Icha dipilih oleh Piyu. Sedangkan Mbak ii dengan embel-embel 'menghormati konser perdana eliminasi AFI' menggunakan hak vetonya untuk tidak ada yang dieliminasi di konser perdananya ini.

***

Akademia AFI 2013 ini perlu membuktikan lagi kemampuannya untuk menjaring penonton. Drama-drama yang tidak perlu harusnya dikurangi, fokus saja ke musik. Drama boleh ditambahkan dengan porsi yang tidak berlebihan. Sukses deh AFI 2013.

Share this post :

Đăng nhận xét

 
Support : Mas Template
Copyright © 2011. Free Download Movies - All Rights Reserved
Share by BIT Templates Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger